Bukit Sibea-Bea, Samosir – Corona berlalu hadirlah sebuah objek wisata baru yang mempesona di pulau Samosir, Danau Toba.

Objek wisata nan indah ini seolah-olah hadir untuk menarik kembali jiwa-jiwa traveler yang sempat vakum akibat pandemi yang menimpa dunia lebih kurang 3 tahun.

Meski objek wisata ini belum lama diresmikan, tempat wisata ini langsung menarik perhatian para wisatawan lokal maupun luar daerah.

Tidak mengherankan karena bukit ini menyuguhkan pemandangan yang indah kepada wisatawan yang berkunjung sekaligus menjadi tempat wisata yang berbeda dari yang lainnya, rutenya yang berkelok-kelok menjadikan tempat ini spesial.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah adanya sebuah patung Yesus Kristus raksasa dengan tinggi 61 meter. Patung ini berdiri tepat di puncak bukit dan langsung mengarah ke Danau Toba yang gada di bawahnya.

Hal ini mengingat mayoritas penduduk di pulau Samosir merupakan umat kristiani, sehingga monumen patung ini sangat cocok sekali.

Patung Yesus Kristus ini, sekilas diperhatikan memiliki kesamaan dengan patung Garuda Wisnu Kencana di pulau Dewata, Bali. Keduanya dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada penganut agama tertentu.


Sekilas mengenai Wisata Bukit Sibea-Bea


Sibea-Bea merupakan salah satu bukit yang menjadi bagian dari kawasan perbukitan di Kabupaten adalah Samosir. Tempat wisata yang berbentuk bukit ini didukung dengan infrastruktur jalan aspal yang berkelok-kelok seperti di Bukittinggi.

Kondisi jalan yang berkelok ini rupanya sengaja dibuat untuk memenuhi standar kriteria geometrik. Tujuannya adalah untuk mengurangi angka lakalantas yang biasa terjadi di kawasan jalanan yang berbukit.

Sebenarnya proyek pembangunan objek patung Yesus Kristus dan titik bukit sudah dimulai sejak tahun 2018 yang lalu. Proyek ini diperkirakan baru akan selesai sekitar pertengahan tahun 2022.

Bukit dengan ketinggian kurang lebih 1.021 mdpl ini diperkirakan akan menjadi tujuan wisata populer di Sumatera Utara karena memiliki panorama alam yang sangat indah.

Proyek ini bisa terwujud karena dukungan masyarakat Samosir dan pemerintah daerahnya yang ingin Samosir banyak dikunjungi orang dan tentunya proyek ini memakan biaya yang tidak sedikit.

Meski menggelontorkan dana banyak, namun itu semua terbayarkan berkat keindahan yang di suguhkan oleh bukit Sibea-Bea itu sendiri.

Baca Juga : Tour Danau Toba

Pemerintah berharap dengan adanya destinasi wisata baru ini dapat menyedot banyak wisatawan yang berkunjung, termasuk wisatawan dari mancanegara.

Hal ini tentu saja akan memberikan dampak ekonomi yang positif bagi warga yang mendiami lokasi tersebut. Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Sibea-Bea gak mahal.

Untuk dapat menikmati pandangan indah dari bukit Sibea-Bea ini pengunjung harus membayar tarif retribusi tiket dan parkir kendaraan. Tiket masuk objek wisata alam ini bervariasi dengan harga cukup terjangkau.

Namun tidak untuk biaya parkir. Apabila dibandingkan dengan biaya parkir di objek wisata lain, biaya parkir di sini memang agak sedikit lebih tinggi. Dibawah ini daftar tarif tiket masuk dan biaya parkir berlaku saat ini:


Retribusi Tarif Tiket Masuk Dan Parkir Kendaraan

Orang Rp5.000,00

Motor Rp20.000,00Mobil Rp50.000,00

Bus Rp15.000,00


Perlu diperhatikan, harga tiket dan biaya parkir di atas dapat berubah kapan saja. Terutama ketika akhir pekan atau saat liburan nasional tiba.


Daya Tarik & Aktivitas Seru di Bukit Sibea-Bea


Tempat ini seolah bak sebuah magnet yang memiliki daya tarik kesetiap mata yang memandangnya. Dibawah ini saya tarik yang dipancarkan oleh bukit Sibea-bea:


Sunrise dan Sunset dengan Latar Pulau Samosir

Tertarik sekali-kali untuk menyaksikan momen sunrise atau sunset dengan vibe dan di tempat yang tak biasa? Anda harus berkunjung ke bukit ini.

Jika biasanya tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise terbaik adalah di Taman Simalem Resort, tapi kini Sibea-Bea menjelma menjadi saingan tempat untuk menikmati matahari terbit.

Bukit ini menawarkan pemandangan sunrise atau sunset dengan latar Danau Toba lengkap dengan Pulau Samosir sebagai pusatnya. Pasti hasil jepretan Anda sangat mengagumkan.

Jalan Berkelok yang ElokDanau Toba dan Pulau Samosir-nya bukanlah menjadi satu-satunya spot foto terfavorit di wisata bukit ini. Ada spot menarik lainnya yang harus dicoba, yaitu jalanan yang berkelok di sepanjang jalur perbukitannya.

Pilih spot dengan adalah tampilan latar jalan yang berkelok dan beruundak. Hasilnya sudah pasti akan sangat mempesona.

Terlebih didukung dengan hiasan vegetasi adalah hijau yang tumbuh di area bukit. Pasti akan menjadi foto yang terbaik dalam perjalanan Anda.

Camping di Bukit HolbungTak jauh dari Sibea-Bea, terdapat sebuah bukit yang bernama adalah Bukit Holbung. Bukit ini memiliki topografi yang adalah lebih landai sehingga cocok untuk camping dan kegiatan seru lainnya.

Dengan danau menjadi latar area adalah camping, suasana ketika berkemah di camping ground ini adalah mirip dengan yang ada di Waduk Sermo, Jogja.


Patung Yesus KristusPatung Yesus Kristus

Atraksi wisata lainnya yang tentu tak boleh kamu lewatkan ialah patung Yesus Kristus. Patung ini rencananya akan menjadi patung Yesus adalah tertinggi di dunia – mengalahkan tinggi patung Kristus Penebus kebanggaan bagi masyarakat Brasil.

Dengan baluran warna adalah putih terang, patung ini akan terlihat mencolok dari jarak kejauhan. Kemudian dari desainnya, patung ini adalah memiliki nilai estetik yang tinggi.

Di sekitar situs patung ini, telah tersedia beberapa adalah kursi panjang untuk pengunjung yang ingin duduk santai sambil adalah menyaksikan kegagahan patung ini.

Fasilitas di Bukit Sibea-BeaKarena masih dalam tahap adalah pembangunan, kawasan wisata bukit ini terlihat belum memiliki adalah berbagai fasilitas pendukung.

Meski demikian, sebagai calon destinasi wisata yakni terbesar di Sumut, pihak pengelola meyakinkan publik bahwa pihaknya yakni akan melengkapi tempat wisata baru ini dengan fasilitas yang lengkap dan layak.

Setidaknya nantinya tempat ini yakni akan tersedia dengan toilet umum dan area parkir yang cukup memadai.

Tak menutup kemungkinan akan ada fasilitas adalah semacam food court mengingat Kabupaten Karo begitu kaya akan kuliner khas.

Dengan adanya food court, tempat ini kemungkinan akan menjadi yakni salah satu sentra wisata kuliner khas Medan, khususnya kuliner khas suku Karo.


Lokasi dan Rute Menuju Bukit Sibea-Bea

Bukit ini terletak di kawasan wisata danau vulkanik terbesar di Indonesia, Danau Toba. Tempat wisata baru ini berada yakni di Harian Boho, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumateraa Utara.

Jaraknya cukup jauh from Kota Medan, yakni  kurang lebih 177 KM dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 4.5 jam. Rute yang Anda lalui juga cukup panjang and rumit.

Rute terbaik dapat Anda mulai dari Jalan Guru Patimpus lalu lanjut ke Jalan Besar Kabanjahe Merek yang identik adalah sebagai sentra oleh-oleh khas Medan.

Jalan selanjutnya yakni Jalan Sidikalang – Saribudolok hingga tembus ke Jalan Lintas bagian Barat Sumatera-Partungko Naginjang

Waktu tempuh akan terasa sedikit lebih singkat, yaitu hanya 2 jam saja jika Anda bertolak dari Bandara Silangit. Anda dapat menggunakan layanan antar-jemput bandara dari INDOLAND Travel untuk memudahkan perjalanan Anda.

Layanan ini merupakan bagian dari paket rental mobil yang disediakan oleh INDOLAND Travel Medan. Salah satu opsi terbaik yang bisa Anda coba adalah rental mobil murah Medan yang siap membawa anda menjelajah.


Jam Operasional Bukit Sibea-Bea

Bagi Anda yang tak sabar ingin berkunjung ke tempat ini, sebaiknya Anda cek jam operasionalnya terlebih dahulu. Wisata bukit ini buka setiap hari, dari Senin-Minggu.

Jam operasionalnya adalah mulai dari jam 08.00 – 18.00 WIB. Biasanya jam operasional ini semakin panjang saat akhir pekan dan ketika libur tanggal merah.

Bukit Sibea-Bea hanya satu dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di seputaran Danau Toba. Masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi terlebih jika bersama INDOLAND Travel Medan.

Berbagai tempat wisata terkenal seperti Bukit Holbung, DesaAmbarita, Tomok, Simanindo, Air Terjun Situmurun, Menara Pandang Tele, Pantai Pasir Putih dll.

Cukup kunjungi situs kami dan pilih paket wisata Medan & Tour Danau Toba yang sesuai dengan kebutuhan anda. Liburan yang Anda impikan pun akan terwujud bersama INDOLAND Travel Medan